BELAJAR ITU SEPERTI MENAIKI TANGGA

BELAJAR ITU SEPERTI MENAIKI TANGGA

Prinsip ini adalah prinsip kebertahapan dalam belajar. Trainer perlu memahami hal ini sebagai prinsip paling dasar saat memfasilitasi pembelajaran di dalam sesi Training.

Proses belajar untuk menguasai kemampuan tertentu ada tahapan yang perlu dilalui satu persatu, dan tak boleh di-skip. Satu anak tangga dilewati, baru menginjak anak tangga berikutnya. Begitu seterusnya sampai peserta training mencapai lantai atas.

Betapa banyak saya menemui Trainer ‘asal memasukkan materi’ saat mendesain Trainingnya. Proses desain Training dimulai dari pertanyaan, “Peserta perlu dikasih tahu apa aja ya?” lalu segalanya dimasukkan, menjadikan materi Training sangat padat, tapi tidak mengantar peserta pada tercapainya Learning Objective.

Di kelas Learning Design for Professional Trainer saya sering tekankan bahwa menentukan ‘materi apa saja’ itu belakangan. Pertama Trainer perlu mengidentifikasi kebertahapan belajar peserta dulu, dimana masing-masing bidang beda kebertahapannya.

Antara belajar Leadership, belajar Public Speaking, belajar Service Excellent, belajar Creative Thinking, belajar Project Management, dan lain sebagainya, kebertahapannya beda-beda, dan ini perlu clear dulu.

Dengan memperhatikan kebertahapan dalam belajar, proses memfasilitasi perjalanan peserta training menuju Learning Objective akan jauh lebih mudah dan efektif, sehingga Training benar-benar mencapai Learning Objective yang diharapkan.
———————————
Ditulis oleh:
SURYA KRESNANDA
Professional Learning Designer
Penulis Buku WHY TRAINING FAILS? AND WHAT TO DO ABOUT IT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *